Langsung ke konten utama

Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Fitrah Seksualitas Anak

Resume Presentasi  Kelompok 6  (Mommies  Six Asyiikkk)

PERTANYAAN DAN JAWABAN

1.  Berbeda dengan  pemahaman  orang  Barat  yang  menyatakan bahwa  anak  itu  ibarat  kertas  putih, tinggal orangtuanya  yang  mengisinya. Sedangkan dalam  Islam,  seorang  bayi sudah  mempunyai program  software,  sudah  ada fitrahnya, pertama ia  (bayi) itu Islam.  Boleh minta  dijabarkan  letak perbedaan & tindakan pada kedua pendapat tsb?

Jawaban : Pandangan  John  Locke  (Empirisme) Menurut  beliau  bahwa  anak  lahir ke  dunia ini seperti kertas  kosong  (putih)  atau  meja  berlapis lilin  (tabula rasa)  yang  belum  ada  tulisan  di atasnya. Kertas  atau  meja  tersebut  bisa ditulisi sekehendak  hati  yang  menulisnya, dan  lingkungan  itulah  yang  menulisi kertas  kosong  putih tersebut.  Menurut  teori ini,  kepribadian  berdasar  kepada lingkungan, yaitu  lingkungan  tidak berjiwa  yang  meliputi benda(benda mati, seperti  tanah,air, batu, dan  sebagainya, dan lingkungan  berjiwa yang  meliputi manusia,  hewan,  dan  tumbuhan.Paham  ini  sejalan  dengan paham  Helvatus seorang  filsuv  yunani,  yang  berpendapat  bahwa  manusia dilahirkan dengan  jiwa dan  watak  yang  hampir sama,yaitu  bersih  dan  suci. Pendidikan  dan  lingkunganlah  yang  akan membuat  atau  membentuk  anak  tersebut  sesuai  yang  diinginkan.  Selain  itu teori ini sependapat dengan  ungkapan  Claode  Adrien  Helvatius yang  mengatakan lingkungan  dan  pendidikan  dapat membentuk manusia kearah  mana saja yang  dikehendaki pendidik. Teori ini  sejalan  dengan  teori behavioristik,  dalam  behavioristik  ada tiga  teori,  yaitu  stimulus dan respons  conditioning, dan  reinforcement. kelompok  teori ini berangkat  dari  asumsi, bahwa anak  tidak  memiliki pembawaan  potensi  apaapa pada kelahirannya. Sedangkan sudah  jelas Allah  berfirman  dalam  Surah  (Ar-Rūm):30  -  Maka hadapkanlah  wajahmu dengan  lurus kepada agama Allah;  (tetaplah  atas)  fitrah  Allah  yang  telah  menciptakan  manusia menurut  fitrah  itu. Tidak  ada perubahan  pada fitrah  Allah. (Itulah)  agama  yang  lurus;  tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui, Dan dalam hadish shahih لا ق  ًب ن لا  ىل ص   الله   هٌ ل ع و مل س   ( لك دو لوم د لو ٌ ىل ع  ةرطف لا هاو بأ ف هنادوه ٌ  وأ هنارص ن ٌ  وأ هناسجمٌ  “Setiap anak dilahirkan  dlm  keadaan  fitrah  (Islam),  maka  kedua  orang  tuanyalah  yg  menjadikannya Yahudi, Nashrani atau Majusi.” (HR. al-Bukhari&Muslim) http://www.academia.edu/12184008/Fitrah_Manusia_dalam_Pandangan_Islam_dan_Barat

2.  Bagaimana cara  mendidik anak  dengan  status  single parent  agar  tidak  terjadi penyimpangan pada anak ?

 Jawaban:   Sungguh  tangguh  para  ibu  atau para ayah  yang  sedang  berjuang  sendiri  dalam  membersamai anak. Kalau  dr bbrp  kajian  FBE  bersama  Ust. Harry  Santosa bahwa  tak  bisa  seorang  ibu  berperan menjadi seorang ayah sekaligus atau sebaliknya dalam hal menumbuhkan fitrah seksualitas. Menguatkannya jika dalam kondisi demikian, maka :
a.  Bergabunglah  dengan  komunitas pendidikan. Misal  komunitas home  education.  Agar anak tak  kehilangan  figur ayah/ibu.
b.  Jika anak  sudah  usia  7  ke  atas, sesekali  boleh  dititipkan  1  atau  2  malam  pada  keluarga sholih yang  kita  sudah  sepaham  ttg  pendidikan  anak. Usia  10  tahun  bisa  di magangkan  di keluarga sholih.  Keluarga  sholih  ,  yg  punya pemahaman  yg  sama dengan  kita  ttg  penumbuhan  fitrah seksualitas.
c.  Cari  sosok  pengganti (bisa  paman, bibi, atau  kakek, nenek).
d. Yang terpenting anak tidak kehilangan contoh/teladan sbg ayah/ibu.

3.  Alhamdulillah  dalam  rumah, saya  sama  pasangan  gak  ada masalah  yg  berarti,  kita kompak kecuali  perihal  kentut  yg  masih  semena2  buangnya.  Tapi saya dicoba dengan  sosialisasi  di  luar, yg  beberapa  kali Alhamdulillah  diangkat  jadi ketua tapi tertekan  akhirnya  melepaskan diri, Sekarang  lagi  makin  seperti  org  yang  gak jujur, gak  bisa punya pendirian, karena  dipaksa keadaan. Bagaimana nasib  anak-anak  yang  lihat  emaknya begini?  Kalau  tiap  saya  ikut  komunitas terus selalu  mundur karena  masalah?  Apa akan ada efek  negatif  mereka  memandang  emaknya? Efek samping apa yg terburuk yg bisa terjadi sama mereka? J2.  Bagaimana cara  mendidik anak  dengan  status  single parent  agar  tidak  terjadi penyimpangan pada anak ? Jawaban:   Sungguh  tangguh  para  ibu  atau para ayah  yang  sedang  berjuang  sendiri  dalam  membersamai anak. Kalau  dr bbrp  kajian  FBE  bersama  Ust. Harry  Santosa bahwa  tak  bisa  seorang  ibu  berperan menjadi seorang ayah sekaligus atau sebaliknya dalam hal menumbuhkan fitrah seksualitas. Menguatkannya jika dalam kondisi demikian, maka : a.  Bergabunglah  dengan  komunitas pendidikan. Misal  komunitas home  education.  Agar anak tak  kehilangan  figur ayah/ibu. b.  Jika anak  sudah  usia  7  ke  atas, sesekali  boleh  dititipkan  1  atau  2  malam  pada  keluarga sholih yang  kita  sudah  sepaham  ttg  pendidikan  anak. Usia  10  tahun  bisa  di magangkan  di keluarga sholih.  Keluarga  sholih  ,  yg  punya pemahaman  yg  sama dengan  kita  ttg  penumbuhan  fitrah seksualitas. c.  Cari  sosok  pengganti (bisa  paman, bibi, atau  kakek, nenek). d. Yang terpenting anak tidak kehilangan contoh/teladan sbg ayah/ibu. 3.  Alhamdulillah  dalam  rumah, saya  sama  pasangan  gak  ada masalah  yg  berarti,  kita kompak kecuali  perihal  kentut  yg  masih  semena2  buangnya.  Tapi saya dicoba dengan  sosialisasi  di  luar, yg  beberapa  kali Alhamdulillah  diangkat  jadi ketua tapi tertekan  akhirnya  melepaskan diri, Sekarang  lagi  makin  seperti  org  yang  gak jujur, gak  bisa punya pendirian, karena  dipaksa keadaan. Bagaimana nasib  anak-anak  yang  lihat  emaknya begini?  Kalau  tiap  saya  ikut  komunitas terus selalu  mundur karena  masalah?  Apa akan ada efek  negatif  mereka  memandang  emaknya? Efek samping apa yg terburuk yg bisa terjadi sama mereka? Jawaban:  Bismillaah, Saya coba memahami pertanyaan dari mak eun. Boleh dikoreksi bila kurang tepat yaa mak eun.. Di  sini  maksudnya,  mak  eun  merasa kesulitan dan  kerap  bertemu  masalah  ketika  beraktivitas publik. (Aktivitas publik  disini bukan hanya bagi ibu  yang  bekerja  tetapi  juga saat  ibu menceburkan  diri dalam  kegiatan  sosial  atau  lainnya).  Masalah  ini  mau  tidak  mau  terbawa  ke dalam  perasaan  serta  aktivitas  domestik,  yang  suka atau  tidak  suka  akan  disaksikan  oleh  anak dan suami. Saat  membaca ini,  terlintas  materi ibu  professional saat  kita  masih  duduk  di kelas matrikulasi. Ketika  itu disampaikan  bahwa  ketika  kita  berperan  dalam  aktivitas  publik,  namun  ternyata kita tidak  mampu  memanage-nya dengan  baik hingga terbawa  ke  ranah  domestik,  maka bisa dipastikan ada sesuatu yang  salah.  Langkah terbaik adalah  dengan  keluar dari  ranah  publik  dan fokus dahulu  dalam  domestik. Sampai  bisa  dipastikan  dalam  diri ini bahwa  apapun  yang  terjadi di luar tidak berpengaruh apapun pada rasa dan polah kita.  Bukan berarti  tidak  boleh  ambil  bagian  dalam  beraktivitas sosial. Boleh, dan  itu bagus. Hanya saja, ketika badai  menerpa,  siapkah kita  untuk  menghadapinya dan  tidak  lari?

Jawaban:  Bismillaah, Saya coba memahami pertanyaan dari mak eun. Boleh dikoreksi bila kurang tepat yaa mak eun.. Di  sini  maksudnya,  mak  eun  merasa kesulitan dan  kerap  bertemu  masalah  ketika  beraktivitas publik. (Aktivitas publik  disini bukan hanya bagi ibu  yang  bekerja  tetapi  juga saat  ibu menceburkan  diri dalam  kegiatan  sosial  atau  lainnya).  Masalah  ini  mau  tidak  mau  terbawa  ke dalam  perasaan  serta  aktivitas  domestik,  yang  suka atau  tidak  suka  akan  disaksikan  oleh  anak dan suami. Saat  membaca ini,  terlintas  materi ibu  professional saat  kita  masih  duduk  di kelas matrikulasi. Ketika  itu disampaikan  bahwa  ketika  kita  berperan  dalam  aktivitas  publik,  namun  ternyata kita tidak  mampu  memanage-nya dengan  baik hingga terbawa  ke  ranah  domestik,  maka bisa dipastikan ada sesuatu yang  salah.  Langkah terbaik adalah  dengan  keluar dari  ranah  publik  dan fokus dahulu  dalam  domestik. Sampai  bisa  dipastikan  dalam  diri ini bahwa  apapun  yang  terjadi di luar tidak berpengaruh apapun pada rasa dan polah kita.  Bukan berarti  tidak  boleh  ambil  bagian  dalam  beraktivitas sosial. Boleh, dan  itu bagus. Hanya saja, ketika badai  menerpa,  siapkah kita  untuk  menghadapinya dan  tidak  lari?

Adapun bergaul dalam masyarakat, itu sangat dianjurkan.  Rasulullah  Shallallahu’alaihi Wasallam  menganjurkan  kita  untuk bergaul dengan  manusia dengan akhlak yang baik : ا  الله ام ٌ    نك ،   ب أو    ٌسلا   نس لا اه م  ، و   لا    انلا   ل ب   س  “Bertaqwalah  engkau  kepada  Allah  dimanapun  berada, dan  perbuatan buruk  itu  hendaknya diikuti dengan  perbuatan baik yang  bisa  menghapus dosanya,  dan  pergaulilah  orang-orang dengan akhlaq yang baik” (HR. At Tirmidzi 1906, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Jami, 97). Namun ketika  kita  menemukan kemunkaran  yang  mana kita tidak  dapat  merubah  dengan tangan  dan  lisan. Maka kita  cukup  doakan, jangan  sampai kita  ikut  terseret  ke  dalamnya.  Bila sudah  ada tanda-tanda seperti itu,  maka  keluarlah  dan  carilah  aktivitas  yang  lebih  baik. Sebagaimana firman  Allah Ta’ala: اونوا  و  ىلع   ربلا    و   لاو         و اونوا   ىلع  م  ا   اود لاو “Dan tolong-menolonglah  kamu  dalam  (mengerjakan) kebajikan  dan  takwa,  dan  jangan  tolongmenolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” (QS. Al Maidah: 2). Dan  ingatlah  bahwasanya  kita dianjurkan  pula untuk bersabar terhadap  gangguan  manusia.  Sebab  di bumi manapun kita bepijak, hal semacam ini pasti ada dan tak terelakkan.  Diantaranya juga sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam: ؤملا  م يذلا  طلا ٌ   انلا  ربصٌو ىلع مهاذأ  رٌ    م يذلا    طلا ٌ   انلا  و  ربصٌ ىلع  مهاذأ “Seorang mukmin yang  bergaul di  tengah  masyarakat  dan  bersabar  terhadap  gangguan  mereka,  itu lebih  baik  dari  pada seorang  mukmin  yang  tidak  bergaul di  tengah  masyarakat  dan  tidak  bersabar terhadap  gangguan  mereka”  (HR. At  Tirmidzi 2507, Al  Bukhari  dalam  Adabul Mufrad  388, Ahmad  5/365, syaikh Musthafa Al ‘Adawi mengatakan hadits ini shahih dalam Mafatihul Fiqh 44) Jadi, meski kelak harus keluar dari ranah publik, tetap jadikan akhlak sebagai hiasan muamalah terbaik.. Wallahu'alam Referensi:  https://muslim.or.id/19472-mana-yang-lebih-utama-uzlah-atau-bergaul-dengan



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Aplikasi KRL Access

Nah, kali ini saya mau review aplikasi lainnya yang memudahkan mamak2 dalam beraktivitas khususnya dalam menggunakan moda transportasi jalur kereta. KRL.. Siapa yang tak kenal dengan mode transportasi darat yang satu ini. KRL atau Kereta Rel Listrik merupakan salah satu moda transportasi yang masih banyak peminatnya selain memang lebih murah, KRL juga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dengan sekali pembayaran saja. Namun kendalanya adalah pada waktu kedatangan kereta yang kadang membuat penumpangnya menunggu lama. Nahh, beruntungnya sekarang ada aplikasi KRL Access yang memudahkan pengguna kereta untuk melihat jadwal kedatangan kereta, kemudian mengetahui posisi kereta tujuan kita. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan jadwal berangkat ke stasiun agar tidak terlambat ataupun menunggu terlalu lama.

Aliran Rasa Level 2

Sepuluh hari tantangan di level 2 "Melatih Kemandirian" yang kuaplikasikan kepada zia, buah hatiku... Banyak kemajuan yang ia tunjukkan, pertama dari segi bahasa.. Zia sudah mulai memanggil "umi"...terutama saat tiba-tiba ia terbangun dan kemudian menangis minta ditemani dan diberi ASI. Hal yang kedua yaitu ia semakin kokoh berdiri sendiri, lalu dapat duduk secara perlahan. Hal yang ketiga, zia kini bisa makan biskuit bayi sendiri dengan tangan kanannya. Lalu minum dengan menggunakan gelas yang ia pegang sendiri. Walaupun setelah itu ia suka sekali memasukkan tangannya ke dalam gelas kemudian mengobok-obok airnya... 😁 Alhamdulillah.. Anaknya sudah berproses tinggal uminya yang kudu telaten berproses. Pada tantangan kali ini, aku ditegur dan diingatkan oleh Allah melalui kuliah bunsay #IIP untuk memperbaiki manajemen waktuku. Manajemen waktu, salah satu resolusi yang ku-programkan di tahun mendatang. Alhamdulillah, diingatkan melalui hasil tantangan ...

Komunikasi Produktif

Alhamdulillah… Setelah lulus matrikulasi maka aku lanjut kelas ke kelas Bunda Sayang (bunsay) di Institut Ibu Profesional. Keseriusanku dalam mengikuti pendidikan di Institut Ibu Profesional ini kudedikasikan untuk keluarga kecil kami. Materi level 1 yaitu mengenai Komunikasi Produktif dengan diri sendiri, pasangan, dan anak. Selisih paham sering kali muncul bukan karena isi percakapan melainkan dari cara penyampaiannya. Maka di tahap awal ini penting bagi diriku untuk belajar cara berkomunikasi yang produktif,  agar tidak mengganggu hal penting yang ingin kusampaikan  baik kepada diri sendiri, kepada suami dan juga anak. Alhamdulillah dipertemukan dengan IIP melalui suamiku yang sebelumnya pernah mengikuti seminar yang disampaikan oleh bu Septi (sebelum menikah). Bersyukur karena suami sangat mendukung penimbaan ilmu ini dan siap bekerja sama dalam pengaplikasian dari ilmu yang kami dapatkan di IIP. Kami sudah terbiasa bercerita tentang hal-hal yang terjadi pad...